BREAKING NEWS

5 Alasan Kenapa Permohonan NPWP Anda Ditolak

Contoh Kartu NPWP
NPWP
Anda sudah pernah membuat NPWP? Daftar NPWP langsung datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau daftar NPWP via online melalui e-registration (e-reg) di www.pajak.go.id? Apakah permohonan NPWP anda pernah ditolak?

Sedikit saya ulas tentang NPWP. NPWP adalah Nomor Pokok Wajib Pajak, fungsinya adalah sebagai identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan, seperti halnya Nomor Identitas Kependudukan (NIK) pada KTP yang berfungsi sebagai identitas penduduk dalam menjalankan hak dan kewajibannya sebagai Warga Negara Indonesia.

Selain itu, NPWP juga digunakan sebagai alat untuk administrasi perpajakan dan fungsi yang paling populer adalah sebagai persyaratan dokumen untuk kepentingan tertentu, misalnya pembukaan rekening baru di BCA, pembuatan passport, atau karena disyaratkan oleh perusahaan untuk pencairan gaji dan lain sebagainya.

Begitu pentingnya NPWP ini, maka agar permohonan NPWP anda tidak ditolak, kenali 5 alasan kenapa permohonan NPWP anda ditolak. Ini berdasarkan pengalaman saya saja selama ini. Mungkin juga ada alasan lainnya, anda bisa menambahkannya di kolom komentar ya pembaca yang baik.

Alasan pertama, Calon Wajib Pajak tidak memenuhi syarat Subjektif dan Objektif sebagai Wajib Pajak. Syarat Subjektif Wajib Pajak, gampangnya adalah setiap Warga Negara Indonesia yang sudah mempunyai KTP dan usia diatas 18 tahun. Bagaimana kalau dibawah 18 tahun, syaratnya sudah menikah, itu saja. Sedangkan syarat objektif Wajib Pajak adalah Wajib Pajak mempunyai penghasilan.

Alasan kedua, permohonan NPWP tidak diisi dengan lengkap dan benar. Entah karena tidak mengerti atau karena alasan apa, terkadang permohonan yang disampaikan tidak diisi dengan lengkap dan benar. Kasus yang paling sering saya temui adalah tidak diisi kolom NIK, NIK diisi tapi tidak benar, kolom alamat tempat tinggal diisi alamat tempat kerja (perusahaan), tidak mencantumkan nomor telepon, kategori Wajib Pajak tidak sesuai (biasanya wanita kawin), jumlah tanggungan dan kisaran penghasilan, bahkan ada yang tidak ditandatangani. Semua data yang diisikan harus valid, agar permohonan NPWP anda disetujui.

Alasan Ketiga, tidak melampirkan dokumen sesuai yang disyaratkan berdasarkan Per-20/PJ/2013 dan Per-38/PJ/2013. Misalnya, kategori wanita kawin memilih terpisah melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya (MT), dokumen yang disyaratkan adalah fotokopi KTP, NPWP suami, Kartu Keluarga, dan Surat Pernyataan Memilih Terpisah dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya, namun salah satu atau beberapa dokumen tersebut tidak dilampirkan.

Alasan Keempat, bagi yang daftar NPWP via online, dokumen yang disyaratkan tidak di upload, atau dikirim manual dengan Surat Pengantar Dokumen (SPD) yang sudah dicetak, namun tidak disampaikan/dikirim ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) pemroses. Harusnya dokumen tersebut segera dikirimkan ke KPP Pemroses paling lambat 14 hari kerja loh dari tanggal kirim di dashboard e-reg.

Alasan kelima, yang bersangkutan sudah terdaftar. Nah, kalau sudah terdaftar, untuk apa daftar NPWP lagi? NPWP hanya diterbitkan satu kali. Walaupun pindah kerja ataupun pindah alamat, NPWP-nya ya cukup 1 saja.

Demikian, catatan saya kali ini tentang 5 alasan kenapa permohonan NPWP anda ditolak. Semoga bermanfaat.

Note: KPP Pemroses adalah KPP yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan dan tempat kegiatan usaha Wajib Pajak.

referensi : ekstensifikasi423.blogspot.com

Share this:

46 comments :

  1. jadi nambah wawasan tentang pendaftaran npwp nih... makasih banyak infonya

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Gimana cara daftar lagi jika permohonan pertama ditolak?
      Mohon dijawab. Terima kasih

      Delete
    2. Apakah persyaratan KTP bisa diganti dengan paspor?

      Delete
    3. Log in ulang di aplikasi Ereg dan kirim permohonan beserta dokumen persyaratan yg diminta. Kirim.

      Delete
  3. Kemarin Saya ditolak karna salah isi tanggal lahir, udah saya Edit/Rekam Formulir kembali , tapi status nya ga mau ke kirim/save,malah jadi draft saja.
    Itu gimna mas.makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Edit ulang. Lengkapi semua data dan lampirannya​, kirim. Masih draft artinya Anda baru isi form.

      Delete
    2. Edit ulang nya itu dimana ya?

      Delete
    3. Di dashboard Ereg ada menu edit

      Delete
  4. Kalo saya ditolak karena pekerjaannya tidak sesuai dengan ktp.. saya seorang guru honorer tetapi ktp masih tertulis mahasiswa. Kalo mau mengajukan permohonan lagi, pekerjaan pilih yg mana ya agar bisa melampirkan surat kontrak mengajarnya? Soalnya sebelumnya saya pilih karyawan swasta tidak ada kolom untuk melampirkan surat kontrak. Terimakasih..

    ReplyDelete
  5. bagaimana cara mengecek status permohonan diterima atau ditolak? saya sudah daftar online tp hanya sampai dgn status kirim, tidak ada balasan email untuk npwp padahal sudah lebih dari 2x24 jam kenapa ya?

    ReplyDelete
  6. maaf mau tanya klo npwp anda di tolak krn nik palsu knpa ya?? saya sudh daftar online 2 kli tpi blsn.y masih sama nik anda ditolak krn nik palsu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan cek di dinas kependudukan terkait NIK anda. Biasanya, karena sudah pakai data KTP elektronik, secara sistemat, ketika nik diinput, harusnya yang muncul data mbak Risma, nah yang ini yang muncul datanya berbeda. Baiknya cek ke Disdukcapil biar clear.

      Delete
  7. Bang, pendaftaran NPWP saya ditolak ini alasannya Dipersilahkan mendaftar kembali ke situs sama, dengan melampirkan fotokopi KTP dapat terbaca. Padahal KTPnya sudah di SCAN dan terbaca jelas. Gimana tuh Bang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin pas upload, resolusinya turun, dicoba lagi aja mas.

      Delete
  8. Saya daftar online, ditolak alasan persyaratan kurang lengkap, padahal sudah di isi selengkap mungkin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alasan kurang lengkapnya apa ya? konfirmasi langsung ke KPP nya saja pak?

      Delete
    2. Dicoba kembali saat online. Kemungkinan situs sedang maintenance

      Delete
  9. Pengajuan saya sudah ditolak 2 kali, pertama suruh dilengkapai surat keterangan kerja. setelah saya lampirkan dalm satu file dengan suket rekaman kependudukan msh ditolak juga dengan permintaan yang sama. permasalahany apakah saya belum punya e KTP, baru suket rekaman kependudukan. mohon informasinya.. terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk memastikan, sebaiknya menghubungi kpp langsung

      Delete
  10. Pak saya kan buat kan npwp online buat suami untuk persyaratan bikin rekening bank,sudah 2x saya coba tp di tolak terus alasan pekerjaan tidak valid yg pertama saya isi lain nya dgn menyertakan isian Linmas desa,suami saya linmas desa bagaimana yaa butuh solusi harus saya masukan jenis pekerjaan apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek KTP suami bu.. Pekerjaannya sudah sama belum. Klo belum minta surat keterangan kerja.

      Klo masih bingung juga, bisa kontak kpp nya..

      Delete
  11. Mas, saya salah nyantumin nama, pas mau ngajuin lg, namanya ga bisa diganti, gimana caranya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nunggu permohonan ditolak dulu. Setelah itu daftar lagi.

      Delete
  12. Pak mau tanya, barusan permohonan pendaftaran npwp saya ditolak karena file lampiran KTP tidak ditemukan. Lalu disuruh mengajukan permohonan kembali dengan menggunakan akun yang sama. Caranya bagaimana ya pak? Mohon bantuannya. Trimakasih

    ReplyDelete
  13. maaf pak saya ingin bertanya, saya sudah daftar untuk npwpw online lalu saat akan melakukan 'kirim permohonan' gagal terus kira kira kenapa ya? saya rasa data yang saya masukkan sudah benar. apakah pendaftaran online menyesuaikan jam kerja dari kpp ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak sih.. Biasanya server banyak yang akses atau sedang maintenance

      Delete
  14. Pengajuan sya ditolak berapa kali dengan alasan silahkan lampirkan data diri /foto ktp dan sdh sya upload tpi tdk terbaca.. Mhon petunjuk

    ReplyDelete
  15. Saya belum ada pekerjaan tetap, selama ini masih sebagai freelancer, dan saya butuh npwp untuk menerbitkan buku saya di salah satu penerbit. Bingungnya, ketika saya isikan freelancer/ content writer ditolak karena pekerjaan tidak jelas. Sepertinya harus ada panduan dan penjabaran yang jelas terkait kategorisasi pekerjaan. Ga mungkin pelamar mengarang2 tnpa ada panduannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak.. Apalagi data pekerjaan di KTP nyebutin wiraswasta,itu kan tidak spesifik. Ini juga menyulitkan petugas menentukan KLU WP tersebut.

      Biasanya dibutuhkan tambahan dokumen berupa surat keterangan usaha atau surat pernyataan terkait jenis usaha yang dilakukan WP.

      Delete
  16. gan, kalau pengajuan ditolak karena alasan ini di bawah kenapa ya?

    IDENTITAS(KTP) YANG SAUDARA LAMPIRKAN TIDAK DITEMUKAN, MOHON LAKUKAN PENDAFTARAN ULANG DENGAN UPLOAD IDENTITAS(KTP) DAN LAMPIRAN YANG DISYARATKAN

    padahal ktp sudah difoto dan dilampirkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ukuran file nya dikecilin. Yg penting masih jelas terbaca

      Delete
  17. Mau tanya pak...saya buat Npwp lewat online kemarin...pengajuan saya di tolak alasan nya karena saya sudah terdaftar...padahal saya blm pernah membuat atau mengajukan Npwp sebelumnya...solusinya bagaimana y pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan NPWP tersebut. Nanti ajukan cetak ulang kartu NPWP.

      Terkait hak dan kewajiban yg melekat, bisa konsultasi sama AR

      Delete
  18. adefadlie2@gmail.com27 November 2019 at 09:55

    Pagi bang, saya kemarin daftarkan online npwp rekan kerja saya. Dia berstatus istri dan suami sudah punya NPWP, yg mana saya juga yg bikinkan. Setelah saya isi lengkap ada pemberitahuan hasil berupa penolakan dengan keterangan sebagai berikut : "Karena status Kawin, yang wajib ber NPWP adalah Suami . Istri mengInduk ke NPWP Suami . Apabila suami belum memiliki NPWP , suami wajib melakukan pendaftaran NPWP terlebih dahulu". Mohon pencerahannya ya bang.. Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Permohonan npwp tidak boleh diwakilkan

      2. Terkait NPWP istri yg tidak punya perjanjian pisah harta memang ga wajib punya npwp sendiri.

      Coba baca selengkapnya di catatan ekstens ya

      http://ekstensifikasi423.blogspot.com/2014/06/npwp-istri-apakah-ikut-suami-ataukah.html?m=1

      Delete
  19. Saya juga sudah berkali kali ajukan permohonan online NPWP, tapi di tolak Mulu, sudah hampir 10 kali di tolak, sudah saya edit di tolak lagi padahal sudah sama semua datanya di KTP .

    ReplyDelete
  20. saya sudah beberapa kali mengajukan permohonan online NPWP, setelah saya masukkan token saya. tetapi gagal terus kenapa ya. padahal di status data saya tulisan lengkap. mohon infonya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba log out, clear chace browser, log in lagi. klik kirim token

      Delete
  21. Saya di tolak kaena tidak memgirim data yang di perlukan selama 14 hari karna lupa .
    Caranya daftar ulang nya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, kak. silakan ulangi tahapan pendaftarannya sampai selesai. jangan lupa upload persyaratan yang diperlukan.

      Delete

 
Copyright © 2021 Pradirwan and OddThemes