BREAKING NEWS

Di Sini Tempatnya, Servis Tangki Bensin Motor di Bandung

Pak Bidin, Pengusaha Bengkel Servis Tangki Bensin Motor di Bandung


Pradirwan - Anda punya motor sport dan tangki motor anda bocor? Tak perlu bingung. Di Bandung, ada tempat khusus untuk menangani masalah tangki bocor. Lokasinya di Jalan Pajagalan depan Ruko nomor 83, seberang Kantor Kelurahan Nyengseret Kec. Astana Anyar, Bandung.

Memang bukan bengkel resmi, hanya bengkel biasa di sisi jalan. Namun, yang khusus menangani tangki motor ini, cuma ada di Jalan Pajagalan ini. Beberapa bengkel sepanjang jalan Pagarsih, Jamika, Pasir Koja, dan Astana Anyar tidak ada yang menerima servis tangki motor. Semua menyarankan untuk "beli baru".
 
Tangki bocor memang menjadi masalah klasik bagi motor sport. Berdasarkan cerita pak Bidin, tukang patri yang sudah lebih dari 20 tahun menangani tangki motor, penyebab utamanya adalah karena uap dari bensin yang tercampur air.

"Uap bensin 'kan zat kimia, ia bisa mempercepat proses karat dan mempercepat korosi", ujarnya menjelaskan sambil membersihkan tangki motor.

Proses pembersihan tangki motor ini penting untuk mengetahui lokasi bocor atau bagian yang sudah mengalami karat. Pak Bidin bisa langsung mendeteksi lokasi tangki yang bocor itu hanya dengan sentuhan tangannya. Pengalaman memang guru yang utama.

"Apabila sudah karatan, permukaan tangki menjadi tidak halus, agak kasar" ungkapnya.

Lapisan tangki yang bocor berwarna putih

Selanjutnya melakukan pembersihan bagian tersebut dengan sikat kawat, sampai lapisan cat dan dempul terkelupas sempurna serta nampak lapisan besi tangki. Kemudian dilakukan pembersihan dengan air raksa hingga bersih sempurna.

Proses pembersihan bagian dalam dari "gram"

Bila rusak parah, maka Pak Bidin menggunakan lempengan besi lagi (plat) untuk menambalnya. Mirip proses tambal ban ketika bocor. Setelah itu dilakukan proses pematrian dan penghalusan.

Gram yang berhasil dikeluarkan.

Bagian dalam tangki pun menjadi perhatian pak Bidin. Tangki yang tidak pernah dibersihkan akan menumpuk "gram"-nya. Gram adalah lapisan karat didalam tangki, biasanya tercampur dengan bensin. Gram ini bisa menyumbat saluran bensin ke mesin. Untuk membersihkannya, cukup memasukkan besi berani (magnet) ke dalam tangki, lapisan karat (gram) itupun menempel pada besi berani.

Jasa servis tangki motor ini buka mulai pukul 08.00 sampai pukul 15.00 WIB, jika ramai maka bisa sampai pukul 17.00 WIB. Tarif atas jasanya pun relatif murah. Tak heran pelanggan yang menggunakan jasanya tidak hanya dari kota Bandung dan sekitarnya saja, tapi ada juga yang dari luar kota, "Salah satu pelanggan saya bahkan ada dari Bekasi," ujarnya mengisahkan.

Pria yang berasal dari Sumedang ini, sudah sejak tahun 1962 menjadi warga Bandung. Menurut pengakuannya, hanya pak Bidin saat ini yang usahanya servis tangki motor di wilayah Astana Anyar. Satu-satunya orang yang membuka usaha serupa telah meninggal dunia beberapa waktu lalu. 

Share this:

10 comments :

  1. nambalnya habis berapa gan ?

    ReplyDelete
  2. update info untuk mengganti plat dibagian sudut bawah (tidak full hanya bagian sudutnya saja) biayanya minta 500rb dibayar sebelum pekerjaan selesai, waktu pengerjaan butuh 8hari.

    ReplyDelete
  3. misi gan mau tanya
    klo hari minggu toko beliau buka engga ya..

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. dari salah satu komentar. "Ini Gan no WA pa.Abidin +62 895-6170-94090 tp ini kontak anknya"

      "Ini alamatnya Gan... jl pajagalan gg.pajagalan 2 no 95/22D rt.02 rw.03.. kepatokannya belakang polsek astana anyar.. depan gang ada masjid Hidayatul Iman..kel nyengseret kec,astana anyar"

      Delete
  5. selamat malam sy rencana kesana mau nambal tangki crf, sdh sy coba rembes lagi rembes lagi

    ReplyDelete

 
Copyright © 2021 Pradirwan and OddThemes