BREAKING NEWS

Definisi Internet, Intranet, dan Ekstranet

Definisi Internet, Intranet, dan Ekstranet
Definisi Internet, Intranet, dan Ekstranet

Pradirwan - Kadang masih sering kejadian yang sangat membingungkan antara internet dan intranet, apalagi dengan ekstranet. Sebagian orang mungkin sudah mengetahui definisi atau pengertian dan letak perbedaan masing-masing istilah tersebut, namun masih banyak juga orang yang belum mengetahui perbedaan antara ketiga hal tersebut.

Definisi Internet

Internet (Interconnection-network) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol / Internet Protocol Suite (TCP / IP) sebagai packet switching protocol (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di internet dunia. Rangkaian di seluruh dunia ini yang disebut Internet. Bagaimana menghubungkan sirkuit dengan aturan ini disebut internetworking (“antara jaringan”).

Dengan kata lain, Internet (Interconected Network) merupakan sekumpulan komputer yang saling berhubungan satu sama lain membentuk suatu jaringan yang menjangkau seluruh dunia yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.

Sedangkan dari segi ilmu pengetahuan, Internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa text, graphic, audio maupun animasi, dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Orang bisa “berkunjung” ke perpustakaan tersebut kapan saja dan dari mana saja.

Selain sebagai sumber informasi, jaringan internet juga merupakan sarana komunikasi. Komunikasi yang dilakukan di internet adalah komunikasi data. Segala sesuatu yang dikirimkan melalui internet berupa teks, suara, gambar, suara dan gambar dikirim dalam bentuk data. 

Hal ini berarti menggunakan internet adalah mempertukarkan data-data antara dua buah komputer. Mengirim e-mail misalnya, kita kirim dalam bentuk data teks. Contoh lain, jika kita membuka sebuah halaman web, maka sebenarnya kita sedang mengirimkan halaman web dengan cara mengirimkan alamat URL-nya. Kemudian komputer server halaman web tersebut akan mengirimkan halaman web yang kita minta.

Definisi Intranet

Intranet adalah jaringan pribadi (private network) yang menggunakan protokol Internet (TCP / IP), untuk membagi informasi rahasia tentang perusahaan atau operasi perusahaan untuk karyawannya. Kadang-kadang, istilah ini mengacu hanya untuk intranet layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan.

Untuk membangun sebuah intranet, maka jaringan harus memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, Internet Protocol (TCP / IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan server. HTTP dan protokol Internet lainnya (FTP, POP3, SMTP atau) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan Internet”, atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuahorganisasi.

Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet dan mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Atau bisa dikatakan Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal. umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet.

Definisi Ekstranet

Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.

Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.

Perbedaan antara Internet dan Intranet

Internal Network atau yang biasa disebut dengan intranet pengertianya juga sama dengan internet, yaitu sebuah jaringan komunikasi yang bisa menghubungkan beberepa komputer. Perbedaanya adalah pada jangkauan yang bisa dijangkau oleh jaringan intranet.

Jangkauan dari intranet ini lebih sempit bila dibandingkan dengan internet. Misalnya, jaringan pada suatu perusahaan yang hanya dikhususkan untuk perusahaan itu saja tanpa bisa diketahui oleh orang lain. Dan bila perusahaan ini menginginkan orang lain bisa melihatnya, maka jaringan ini akan disebut dengan ekstranet.

Jaringan ekstranet adalah jaringan pada suatu perusahaan yang mempublikasikanya kepada khalayak umum, tapi data-data yang ada didalam perusahaan tersebut tidak dapat dirubah-rubah oleh khalayak umum. Sedangkan perusahaan tersebut masih bisa leluasa merubah isi data-data dari perusahaan.

Pada dasarnya, perbedaan antara internet, intranet, dan ekstranet terletak pada titik jangkauan yang bisa dijangkau oleh masing-masing jaringan.

Baca juga:
Komunikasi Data dan Jaringan Komputer
Apa yang dimaksud e-commerce
Pengamanan dan Pengendalian pada Sistem Informasi

Share this:

1 comment :

 
Copyright © 2021 Pradirwan and OddThemes