Breaking News
recent

Rayuan Air Jernih Telaga Nilem

Telaga Nilem 
Pradirwan ~ Telaga Nilem berada di desa Kaduela, kecamatan Pesawahan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Akses memasuki lokasi Telaga Nilem masih satu arah menuju Telaga Remis, bahkan pintu masuknya masih sama. Nah, lokasi Telaga Nilem ini tak jauh dari pintu masuk.

Rombongan kami. Sepupu dan ponakan

Kemarin (29/6), rombongan kami membayar Rp125 ribu untuk tiket masuk, satu mobil berisi 8 orang dewasa, dan beberapa anak-anak. Ini sudah all in ke Telaga Remis juga.

Dasar kolam terlihat jelas
Telaga Nilem adalah salah satu mata air atau kolam alami yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Dinamakan Telaga Nilem karena konon katanya karena dihuni oleh ribuan ikan nilem. Airnya yang bersumber langsung dari pegunungan sangat jernih, dingin dan menyegarkan, ditambah di sekelilingnya hutan yang rimbun membuat lokasi wisata ini sangat asri. Selain itu, kondisinya masih tidak terlalu ramai.

Melihat Telaga Nilem ini seperti akuarium besar dengan air yang begitu jernih bagaikan kaca, sehingga kami bisa melihat dasar telaga yang berisi kerikil, bebatuan, lumut dan ganggang. Bahkan beberapa pengunjung terlihat mengabadikan momen foto di dalam air dengan jelas. Menyaksikan langsung keindahan dan alaminya telaga Nilem, kami langsung berenang atau sekedar berendam. Kami pun tak heran lagi jika ada yang mengatakan jika telaga Nilem merupakan tempat favorit untuk snorkeling. Lah, wong memang jernih banget.
Bermain air di kolam dalam Telaga Nilem

Telaga Nilem masih boleh untuk dipakai berenang, sedangkan beberapa telaga lain kebanyakan tidak diijinkan oleh pengelola dan pemuka adat setempat, Telaga Remis misalnya.
Pengunjung dapat menyewa pelampung atau ban dalam mobil ini untuk bermain air, biar gak capek juga, karena di kolam ini cukup dalam.

Terdapat 2 kolam utama di kawasan Telaga Nilem ini, yaitu kolam yang dangkal dan yang dalam. Kedalaman kolam dangkal sekitar 0-1,2 m, sedangkan yang dalam 0-4 m.

Di dalam kawasan ini ada semacam guest house/resort yang bisa disewakan jika ingin bermalam disini. Harga per malamnya hanya Rp250 ribu.

Air yang segar dan udara sejuk dari rimbunan pepohonan di sekeliling telaga ini bisa membuat pikiran tenang dan damai.

Di sepanjang jalan menuju kawasan ini ada beberapa restoran ikan air tawar seperti ikan mas dan mujaer. Habis berendam, bisa menikmati kuliner khas Sunda disini.

Untuk mencapai lokasi ini, jika melewati Palimanan, dari pasar Minggu, anda tinggal ambil arah ke pasar Kramat. Jalannya sangat bagus, sudah di beton. Aksesnya sangat mudah, karena masih satu arah dengan Telaga Remis.

Lokasi ini relatif dekat dari rumah saya di kampung, jd bisa irit bensin 😀

Cirebon, 29 Juni 2017

#explore #cirebon #travel #jalanjalan #murah #kuningan #djpownfotobond #indofnesia #photos #pictures #instagood #instastory #nature #gunung #ciremai
Pradirwan pradirwancell

Pradirwan pradirwancell

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.