Kanwil DJP Jabar I Beri Penghargaan Kantor Pelayanan Terbaik 2018

Para pemenang Penganugerahan Kantor Pelayanan Terbaik 2018 Kanwil DJP Jawa Barat I
Pradirwan - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Barat I menggelar Penganugerahan Kantor Pelayanan Terbaik tahun 2018 di Auditorium Gedung Keuangan Negara Bandung (Kamis, 18/10). Penganugerahan yang diberikan guna meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) serta mampu mempercepat reformasi birokrasi untuk mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Kementerian Keuangan.

"Selain itu, agar setiap KPP selalu berinovasi dalam meningkatkan pelayanannya. Bagi Kanwil DJP Jabar I, kegiatan ini akan mampu mengetahui kinerja penyelenggaraan pelayanan di seluruh kantor di wilayah Kanwil DJP Jabar I, sehingga dapat menjadi salah satu tolak ukur dalam penerapan kebijakan-kebijakan yang akan dilaksanakan di bidang pelayanan,” ungkap Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I, Yoyok Satiotomo.

Yoyok menambahkan, salah satu fungsi KPP adalah pelayanan. Peningkatan kepercayaan, kesadaran, serta kepatuhan sukarela dari wajib pajak salah satunya dapat ditempuh dengan memberikan kualitas pelayanan perpajakan. Sejalan arah kebijakan DJP dalam hal pelayanan terhadap wajib pajak untuk mewujudkan Kepatuhan sukarela dari para Pembayar Pajak (Tax Payers) maka DJP harus menjamin kualitas pelayanan yang diberikan kepada para Wajib Pajak.

Lebih lanjut Yoyok mengatakan, untuk menentukan pemenang, 16 KPP di lingkungan Kanwil DJP Jawa Barat I melalui serangkaian penilaian. "Sekarang, kriteria penilaian lebih berat lagi. Selain inovasi dalam bidang pelayanan, ada juga penerapan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, dan pengarusutamaan gender," ujarnya.

Dalam hal inovasi, menurutnya, KPP memiliki kerja yang kreatif, semisal menggunakan SMS blast untuk mengimbau pembayaran pajak atau memanfaatkan aplikasi messenger untuk membuat kode bayar (kode billing) pajak, atau ada juga yang menyediakan fasilitas charge HP di Tempat Pelayanan Terpadu.

Sedangkan untuk pengarusutamaan gender, KPP memiliki fasilitas yang memudahkan untuk lansia dan disabilitas, dan toilet yang terpisah antara laki-laki dan perempuan, dengan maksud untuk kenyamanan.

Terkait integritas, kami lakukan survey langsung kepada Wajib Pajak dan Petugas Pajak. "Wajib pajak sendiri yang memberikan penilaian mana yang paling bagus, terpenting adanya zona integritas bebas korupsi, jadi enggak ada petugas kami yang minta uang atau ditawari pun menolak,” pungkasnya. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang terpilih sebagai KPP terbaik di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat I. Disusul KPP Pratama Bandung Tegallega dan KPP Pratama Majalaya sebagai juara kedua dan ketiga. “Kami memberikan penghargaan kepada KPP terbaik dan setiap tahun pemenangnya berganti-ganti, ini menunjukkan adanya sebuah kompetisi diantara KPP untuk menjadi yang terbaik,” ujar Kepala Kanwil DJP Jabar I Yoyok Satiotomo kepada wartawan seusai acara.

Selain kategori KPP Terbaik, anugerah diberikan kepada kategori lainnya, antara lain KPP dengan pengelolaan medsos terbaik: KPP Pratama Bandung Cibeunying, KPP Pratama Purwakarta dan KPP Pratama Cianjur, KPP dengan kontributor konten pajak.go.id terbaik: KPP Pratama Bandung Cicadas, KPP Pratama Cimahi dan KPP Madya Bandung serta Taxmin (admin medsos) Terbaik di lingkungan kanwil DJP Jabar I yang dimenangkan oleh Anggit Arum KW, M Yannar Rahman dan Rusdiyanto. (HP)

artikel ini telah ditayangkan di pajak.go.id

No comments