BREAKING NEWS

Tentang Tujuan Hidup

Perahu Nelayan (Dok. Pradirwan)
Pradirwan - Perahu nelayan akan baik-baik saja, kalau hanya bersandar di dermaga. Tapi bukan untuk itu perahu nelayan ini dibuat, melainkan untuk digunakan berjuang meraih tujuan.

Demikian juga manusia.

Lalu, apa tujuan hidup manusia?

Pertanyaan yang sangat fundamental ini menyangkut aspek filosofis dan praktis. Para filsuf memikirkannya. Orang biasa pun menggumulkannya. Bagaimana kita dapat mengetahui bahwa hidup memiliki tujuan?

Belajar dari banyak hal yang aku temui hingga saat ini, membuatku banyak berpikir tentang hidup. Hal pertama yang sangat menarik perhatianku adalah kompleksitas dan keteraturan alam semesta maupun tubuh kita.

Semua anggota tata surya bergerak dengan pola yang teratur. Dibutuhkan kesesuaian dengan hukum alam yang begitu kompleks untuk memiliki alam semesta seperti sekarang ini. Begitu pula dengan tubuh kita. Perkembangan ilmu biomolekuler menunjukkan bahwa DNA manusia jauh lebih kompleks daripada yang dipikirkan oleh banyak orang. Bukan hanya ada struktur yang jelas dan rumit, tetapi juga mengandung semacam informasi di dalamnya.

Semua yang rumit dan teratur itu pasti menyiratkan sebuah tujuan. Kerumitan tanpa keteraturan adalah kekacauan. Sedangkan, keteraturan tanpa kerumitan mungkin cuma hasil peristiwa yang dianggap biasa saja, lumrah, dan tak berarti apa-apa.

Hal kedua yang menyiratkan tujuan hidup adalah pencarian nilai hidup. Semua orang ingin hidupnya bermakna. Nah, makna ini dipengaruhi oleh tujuan yang diyakini oleh orang tersebut. Segala sesuatu yang dianggap tidak selaras atau mendukung pencapaian tujuan tersebut akan dianggap kurang bernilai. Begitu pula dengan sebaliknya. Hal-hal yang berhubungan dengan tujuan itu dipandang bernilai.

Tanpa kesadaran tentang tujuan hidup, seseorang akan merasa hidupnya kurang bernilai. Apalah artinya seorang manusia di antara miliaran yang pernah ada di bumi? Apalah artinya seorang manusia di tengah-tengah alam semesta yang sedemikian besar?

Pada akhirnya, kita mengetahui bahwa Allah menciptakan alam semesta (termasuk manusia) tidaklah dengan palsu dan sia-sia (QS. As-Shod ayat 27). Segala ciptaan-Nya mengandung maksud dan manfaat.

"Aku tidak menjadikan Jin dan Manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku." (QS. Adz Dzariat: 56)

Hampir semua orang memikirkan kebahagiaan sebagai tujuan hidup. Manusia ada untuk menikmati kebahagiaan. Begitu kira-kira, pemikiran mereka pada umumnya.

Persoalannya, manusia seringkali tidak memahami kebahagiaan. Mereka juga tidak mengetahui bagaimana mencari kebahagiaan. Atau, benarkah kebahagiaan perlu dicari? Mungkinkah kebahagiaan merupakan konsekuensi (hasil) dari mencari yang lain?

Realita hidup mengungkapkan bahwa hal-hal yang non-material membawa kepuasan yang lebih daripada hal-hal yang material. Beragam survei menunjukkan bahwa manusia mendapatkan kepuasan yang lebih pada saat mereka membagi apa yang mereka miliki dengan orang lain daripada menggunakannya untuk diri sendiri. Menghamburkan uang untuk diri sendiri hanya membawa kesenangan. Membaginya dengan orang lain mendatangkan kepuasan.

Banyak orang juga menyetujui bahwa kebahagiaan tidak ditentukan oleh seberapa banyak yang dimiliki oleh seseorang, tetapi seberapa banyak orang itu bisa mengapresiasi apa yang dia miliki. Ada orang kaya yang tidak berbahagia karena selalu merasa kurang. Sebaliknya, ada orang yang hidup sederhana namun bahagia.

Apa yang aku catat di atas semoga dapat menuntun kita untuk memahami tujuan hidup yang sesungguhnya. Bahwa apa yang sering ditawarkan oleh dunia sebagai tujuan hidup atau kebahagiaan hidup ternyata tidak esensial, apalagi fundamental. Semua hanya di permukaan belaka (superfisial). Tidak heran, semakin besar upaya mereka untuk memperoleh kebahagiaan, semakin besar kekecewaan mereka.

Pada akhirnya, kesuksesan sejati bagiku adalah nasib baik yang didapat dari penetapan cita-cita, keringat, dan inspirasi.

Semoga bermanfaat.

Pradirwan
Bandung, 15 Mei 2019

sumber : https://www.instagram.com/p/BxfBX9mhs-n/

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2021 Pradirwan and OddThemes