BREAKING NEWS

Catatan Sejarah Tugu Kilometer Nol Kota Bandung

Tugu kilometer nol kota Bandung 
Pradirwan - “Zorg, dat als ik terug kom hier een staad is gebouwd", ujar Daendels kepada bupati Wiranatakusumah II sambil menancapkan sebuah tongkat di sebuah lokasi hutan yang akan dilewati jalur pembangunan Grote Postweg (Jalan Raya Pos).

Ucapan Daendels tersebut kira-kira berarti "Usahakan, jika aku kembali ke sini, di daerah ini telah dibangun sebuah kota”.
---

Siapa tak tahu Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-36, Herman Willem Daendels?

Salah satu jenderal Belanda yang terkenal dengan proyek pembangunan Grote Postweg masa pemerintahannya. Daendels membangun jalan raya kurang lebih sepanjang 1000 km yang terbentang sepanjang utara Pulau Jawa, dari Anyer sampai Panarukan. Hal tersebut dilakukannya sebagai upaya mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris. Pembangunan tersebut dimulai pada tahun 1808.

Meski diakui, pembangunan jalan Anyer-Panarukan membawa manfaat bagi Indonesia, namun sejarah mengatakan jika kepemimpinan Daendels pada saat itu sangat keji.

Untuk membangun jalan raya tersebut, Ia mempekerjakan rakyat dengan sistem kerja rodi. Para pekerja tidak memperoleh upah. Dampaknya, banyak korban jiwa dari mega proyek tersebut. Banyak pekerja yang mati kelelahan dan tidak dikuburkan sebagaimana mestinya.

Salah satu jalan yang dilalui proyek tersebut adalah yang ditancapkan tongkat oleh Daendels tersebut. Pada 25 September 1810, bupati Wiranatakusumah II mendapatkan Surat Keputusan untuk memindahkan kota kabupaten ke wilayah dimana Daendels menancapkan tongkatnya. Tanggal surat tersebut juga sekaligus menjadikan momentum lahirnya Kota Bandung. Sementara titik tempat tongkat Daendels ditancapkan dijadikan sebagai titik Kilometer Nol Kota Bandung. Tugu Kilometer Nol tersebut kemudian diresmikan Gubernur Jawa Barat pada tahun 2004.

Jika Anda berkunjung ke kota Bandung, lokasi kilometer nol ini di jalan Asia Afrika, depan kantor Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat, dekat gedung Merdeka atau persis di seberang Gedung Keuangan Negara.

#icon #landmark #kota #bandung #eksplorebandung #history #tugu #nolkilometer #jawabarat #indonesia

Bandung, 240117

Share this:

2 comments :

  1. Pernah foto disini dong, kumpul taxmin atau apa yah, yg acaranya di harris yg ada mallnya wkwkw..
    Kangen deh st tatap muka mas..

    djangki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow... tenyata sudah ke mana-mana nih... Susah sekarang mah dapet ST tatap muka. Saya juga pingin. hehehe

      Delete

 
Copyright © 2021 Pradirwan and OddThemes