BREAKING NEWS

Menulis Kok Repot?

Menulis Kok Repot
Menulis Kok Repot (dok. Pribadi)

Pradirwan - Banyak orang yang berkeinginan bisa menulis. Namun, hanya sedikit yang mau mencoba memulai. Terlalu banyak pertanyaan dan keraguan, apakah tulisannya akan diterima pembaca atau tidak. Akhirnya, niat untuk menulis itu hanya menjadi impian yang tak pernah menjadi kenyataan.

Mau menulis saja kok repotnya na'udzubillah. Menulis ya menulis saja. Tidak perlu banyak teori dan pertimbangan. Langsung saja ketikkan setiap huruf menjadi kata, rangkai kata menjadi kalimat, dan seterusnya hingga menjadi satu tulisan yang utuh. Tidak perlu memikirkan benar atau salah, sesuai kaidah atau belum, apalagi memikirkan kesempurnaan tulisan kita. Biarkan ia mengalir apa adanya dengan berbagai kekurangan yang ada. 

Apa sih yang membuat kita 'terpenjara' menuangkan isi pikiran kita lewat tulisan? Apa karena sulit menemukan ide tulisan? Atau karena bingung mau mulai menulis dari mana dulu? 

Baca juga: Sejatinya, Setiap Orang adalah Humas

Menulis itu tak jauh berbeda dengan berbicara. Yang membedakan hanya medianya. Jika berbicara menggunakan mulut, maka menulis menggunakan tangan kita. Esensinya sama, mengeluarkan apa yang ada di kepala. Jika orang lain bisa membuat tulisan yang bagus, maka kita pun pasti bisa. 

Salah satu masalah klasik yang ditemui dalam menulis adalah keberanian untuk memulai. Oleh karena itu, langkah pertama dalam belajar menulis ya mulai menulis. Percuma banyak membaca atau belajar teori menulis, tapi tidak pernah memulai menulis. Menulis itu bukan bakat, tetapi keterampilan. Ibarat belajar menyetir mobil, tidak pernah praktik ya tidak akan bisa. Ala bisa karena biasa. 

Baca juga: Menulis, Mengingat, Melupakan

Menulis adalah berkomunikasi. Semua berawal dari pesan apa yang ingin kita sampaikan kepada pembaca. Pastikan kita mempunyai pesan yang baik dan bermanfaat untuk pembaca. Jadi, kalau ada sesuatu yang bermanfaat, itu bisa menjadi ide dalam tulisan kita. 

Yuk, mulai menulis. (*)


Bandung, 02 Januari 2020
Pradirwan

*ditulis untuk tantangan 30 Hari Bercerita tahun 2020


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2021 Pradirwan and OddThemes