Dirjen Pajak Suryo Utomo (dok. Pradirwan, 15/11/2022) |
"Your brand is what other people say about you where you're not in the room." (Jeff Bezos, Amazon)
Pradirwan - Bicara brand adalah membicarakan apa yang orang katakan tentang kita ketika kita tak bersama mereka.
Disadari atau tidak, semua orang punya personal branding masing-masing. Bukankah orang lain pasti pada suatu saat akan membicarakan kita? Hal ini seperti sudah menjadi tradisi yang lumrah dilakukan. Orang akan membicarakan apapun tentang kita. Entah itu hal positif ataupun negatif.
Dalam konteks profesional, memiliki personal branding menjadi penting untuk menciptakan kesadaran, membangun kepercayaan, menciptakan reputasi, dan memengaruhi persepsi dari orang-orang yang relevan.
Jika dikaitkan dengan komunikasi di dunia kerja, setiap orang bisa menjadi representasi tempatnya bekerja. Oleh karena itu muncullah anggapan bahwa setiap pegawai menjadi humas di mana ia bekerja.
Anggapan ini sudah pernah dipraktikkan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 pada 2019 lalu.*
Mengelola kegiatan kehumasan di 16 cabang perusahaan yang tersebar di empat propinsi tidaklah mudah bagi tim humas Pelindo. Mereka membuat sebuah terobosan dengan menempatkan agen humas di setiap kantor cabang.
Meski terhalang jarak, kendali koordinasi kehumasan bisa diatasi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Kanal media sosial pun dipilih untuk menyebarkan informasi.
Mereka membentuk Pelindo 1 Digital Force, sebuah program yang dibentuk untuk mendukung pergerakan kegiatan kehumasan perusahaan di media sosial. Sekaligus guna memperkuat digital presence perusahaan.
Gerakan di media sosial ini diarahkan bagi karyawan Pelindo 1 berusia milenial dan melek digital. Tujuannya untuk meyakinkan semua karyawan jika perusahaan butuh mereka terlibat dalam pengembangan perusahaan.
Aspek personalisasi lalu menjadi kekuatan program kehumasan internal Pelindo 1 ini. Kisah tentang keseharian karyawan, suka duka bekerja, serta perkembangan bisnis perusahaan di masing-masing daerah, menjadi konten menarik dari karyawan yang perlu dibagikan melalui media sosial. Untuk menambah antusiasme karyawan, berbagai kegiatan menarik terus diinisiasi. Antara lain lomba vlog dan 30 Days Challenge.
Kegiatan 30 Days Challenge adalah tantangan bagi karyawan Pelindo I untuk bercerita tentang apapun terkait pekerjaannya selama 30 hari berturut-turut dengan cara dan sudut pandang masing-masing. Cerita dan dokumentasi ini kemudian diunggah di media sosial dengan hashtag spesifik yang mudah dilacak.
Program ini bahkan membawa Pelindo 1 meraih penghargaan Program Digital PR terbaik dalam ajang PR INDONESIA Awards (PRIA) 2019 yang digelar di Bandung. Aktivasi lain berupa ruang #Pelindo1bercerita yang menjadi salah satu trending hashtag andalan.
Strategi komunikasi berbasis digital yang dijalankan Pelindo 1 ini bertujuan untuk menyebarkan informasi dan mengubah persepsi tentang Pelindo 1 di masyarakat.
Walaupun para karyawan perusahaan bukan buzzer atau selebgram, tapi tentu saja dengan aktivitas digital yang memuat konten fun dan bermanfaat ini, kabar baik tentang Pelindo 1 setidaknya bisa sampai ke keluarga dan lingkungan terdekat tiap-tiap karyawan. Belakangan, saya baru mengetahui bahwa hal itu disebut program Employee Advocacy.
Langkah yang dipilih Pelindo ini sebenarnya sudah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sejak 2016. Strategi DJP kala itu dengan membuat akun unit vertikal dan adanya Taxmin (administratur medsos) di setiap unit DJP.
Untuk meningkatkan kompetensi, para Taxmin diberikan lokakarya kehumasan. Ajang berjuluk "Kumpul Taxmin" pun digelar rutin setiap tahun, baik daring maupun luring.
DJP pun menggelar lokakarya kepenulisan, desain grafis, dan videografi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas konten yang dipublikasikan di berbagai kanal.
Kegiatan 30 Days Challenge adalah tantangan bagi karyawan Pelindo I untuk bercerita tentang apapun terkait pekerjaannya selama 30 hari berturut-turut dengan cara dan sudut pandang masing-masing. Cerita dan dokumentasi ini kemudian diunggah di media sosial dengan hashtag spesifik yang mudah dilacak.
Program ini bahkan membawa Pelindo 1 meraih penghargaan Program Digital PR terbaik dalam ajang PR INDONESIA Awards (PRIA) 2019 yang digelar di Bandung. Aktivasi lain berupa ruang #Pelindo1bercerita yang menjadi salah satu trending hashtag andalan.
Strategi komunikasi berbasis digital yang dijalankan Pelindo 1 ini bertujuan untuk menyebarkan informasi dan mengubah persepsi tentang Pelindo 1 di masyarakat.
Walaupun para karyawan perusahaan bukan buzzer atau selebgram, tapi tentu saja dengan aktivitas digital yang memuat konten fun dan bermanfaat ini, kabar baik tentang Pelindo 1 setidaknya bisa sampai ke keluarga dan lingkungan terdekat tiap-tiap karyawan. Belakangan, saya baru mengetahui bahwa hal itu disebut program Employee Advocacy.
Langkah yang dipilih Pelindo ini sebenarnya sudah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sejak 2016. Strategi DJP kala itu dengan membuat akun unit vertikal dan adanya Taxmin (administratur medsos) di setiap unit DJP.
Untuk meningkatkan kompetensi, para Taxmin diberikan lokakarya kehumasan. Ajang berjuluk "Kumpul Taxmin" pun digelar rutin setiap tahun, baik daring maupun luring.
DJP pun menggelar lokakarya kepenulisan, desain grafis, dan videografi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas konten yang dipublikasikan di berbagai kanal.
Acara Kumpul Taxmin dan Employee Advocacy 2022 |
Upaya institusi pengumpul pendapatan terbesar APBN dalam menyebarluaskan informasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pajak tak berhenti sampai di Taxmin dan kontributor konten. DJP membutuhkan peran pegawainya untuk berkontribusi memviralkan konten-konten itu. Ajang "Kumpul Taxmin dan Employee Advocacy 2022" pun digelar P2humas DJP di Jakarta pada Selasa, 15 November 2022.
Tujuannya jelas, agar kebijakan pajak dan APBN kita dikenal secara luas di seluruh Indonesia. Jika itu terjadi, saya meyakini cita-cita pajak kuat Indonesia maju akan segera terwujud. Bukankah "pajak adalah ongkos peradaban?"**
Bandung, 17 November 2022
Pradirwan
Referensi:
*Setiap Orang Adalah Humas. Humas Indonesia.
**kutipan Oliver Wendell Holmes. DDTC
Post a Comment