BREAKING NEWS

Cara Mudah Membuat Blog

Blog... buat yang baru kenal internet, pasti nanya... apa itu blog?

Diambil dari wikipedia (https://id.wikipedia.org) pengertian Blog adalah :
"Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut."

Buat saya pribadi, pengertian blog adalah media tulisan pribadi yang ditujukan untuk umum melalui media internet.

Awalnya saya ga terlalu tertarik bikin blog, kayaknya buang waktu aja, tapi ketika temen saya lagi nulis di blog pribadinya, akhirnya aku tertarik juga, banyak hal yang bermanfaat yang bisa kita bagikan, katanya meyakinkan saya...

Akhirnya saya bertanya, "gimana caranya, kayaknya pusing banget bikinnya?"
"gampang kok, asal ada alamat email, dan internet, nanti saya bantu bikinkan, gimana?" jawabnya
"oke"
akhirnya saya bikin blog ini...

buat saya yang awam memang terlihat sepertinya sangat sulit sekali, apalagi melihat blog-blog atau website yang profesional. soalnya dilihat dari tampilanya sudah sedemikian bagus dan kelihatan rumit dengan script-scriptnya, tapi sebenarnya cara membuat blog gratis sangatlah mudah, kenapa kelihatan sulit karena kita tidak tahu dasar dasar dalam pembuatan blog atau pembuatan website, padahal membuat blog sama mudahnya dengan membuat website, yang dibutuhkan hanyalah dasar dasarnya saja dan juga terus aktif membaca tutorial (mempelajari) tentang blog dan website yang sudah banyak diposting oleh para masternya. Apalagi anda mempunyai tujuan bikin blog untuk nyari tambahan ekonomi seperti Toko Online yang sekarang ini lagi ramai.  untungnya ada kawan saya dulu yang meyakinkan saya... terima kasih ya kawan... insyaalloh bermanfaat..


Sebenarnya, selain blogspot.com, untuk blog gratis masih banyak lagi yang menyediakan layanan dan bisa kita gunakan seperti WordPress.com, Blog.com, Posterous Spaces,Blogger, LiveJournal, TypePad Micro, Jux, Tumblr, Blogetery dan Weebly. mungkin klo ada yang belum saya sebutkan bisa ditambahin ya di komentar.

Bagi yang berminat bikin blog, ilmu yang dikasih sama temen saya hendak saya share disini... berhubung saya pakai blogspot, maka tutorialnya ya tutorial blogspot aja ya... nanti klo dah mahir bisa pake yang lain... caranya hampir sama kok...

Tutorial bikin blog via blogspot.com
Pertama, bikin email dulu via gmail. terlebih dahulu klik link berikut http://mail.google.com/ dan akan muncul gambar seperti dibawah ini:

Berikut keteranganya:
 A. isi dengan nama depan anda
 B. isi dengan nama belakang anda
 C. isi dengan username atau nama email yang akan anda buat ( jika ada keterangan tidak bisa ganti sampai bisa )
 D. isi pasword yang unik tidak mudah ditebak dan gampang anda ingat
 E. ulangi mengisi pasword yang sama
 F. pilih bulan anda lahir
 G. tulis tanggal anda lahir
 H. tulis tahun anda lahir
 I. pilih gender anda

 J. isi nomer HP anda disitu 
 K. isi alamat email pemulihan anda ( email lain yang anda punya )
 L. isi chaptca yang muncul

 M. pilih lokasi indonesia
 N. centang
 O. Klik langkah berikutnya/next step.
 
Pada step berikutnya akan muncul gambar berikut (google+)
ini akun anda, klik tambahkan foto (abaikan dulu, anda bisa menambahkannya nanti) klik langkah berikutnya:

akan muncul gambar berikut, klik Lanjutkan ke gmail.

Kemudian menuju ke gmail, ( akun email ) seperti gambar berikut
Disini akun email anda sudah jadi.

kemudian untuk membuat blog di blogger klik link berikut www.blogger.com
akan mucul halaman seperti ini:

isi kembali sandi yang sudah anda bikin waktu buat email... lalu klik masuk...

kemudian tekan tombol yang berwarna oranye ada tulisannya “lanjutkan ke blogger”.

Next akan menuju halaman dibawah ini dan itu tandanya membuat blog anda sudah hampir jadi

Klik tulisan blog baru untuk membuat nama domain blog anda

berikutnya muncul halaman seperti dibawah ini:
Cara Membuat nama blog
Keterangan:
 P. isi judul blog yang akan anda buat ( judul ini akan muncul di halaman atas blog anda, misalnya Sekedar Contoh )
 Q. isi domain blog yang mau anda buat contoh misal saya isi sekedarcontoh nantinya domain saya akan menjadi sekedarcontoh.blogspot.com ( kalau ingin blog anda terkenal isi ini dengan nama yang gampang diingat, kalau tidak tersedia berarti nama tersebut sudah ada yang punya dan anda silahkan mencari nama yang belum dipakai orang )
gambar dibawahnya itu adalah template blog anda, silahkan pilih sesuka anda dengan mengekliknya.

selanjutnya tinggal klik buat blog


Akhirnya selesai juga membuat blog di blogspot.com yang gratis, sekarang anda sudah mempunyai blog dan silahkan diisi dengan konten sesuai yang anda inginkan. Selain itu, anda bisa berkreasi untuk mempercantik tampilan blog anda.

Masih pusing bikin blog?
sudah ngga' kan? hehehe

Demikian, selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Ingin ilmu anda bermanfaat? 
sebarkan cara bikin blog ini dengan klik tombol share di bawah...

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2021 Pradirwan and OddThemes