BREAKING NEWS

#MakasihSBY



#MakasihSBY jadi trending topik di twitter

Untuk kesekian kalinya SBY menjadi trending topik di twitter. Tidak seperti sebelumnya yang mengungkapkan kekecewaan dengan tagar #ShameOnYouSBY, kali ini netizen mengucapkan terima kasih atas kepemimpinannya selama 10 tahun dengan tagar #MakasihSBY. Sampai dengan saat tulisan ini dibuat, hastag #MakasihSBY masih menjadi trending topik.

Selama 10  tahun sebagai presiden inilah beberapa prestasi yang menurut penulis patut dibanggakan, diantaranya:

  1. Saat negara lain mengalami krisis ekonomi global pada tahun 2008, Indonesia termasuk negara yang tidak terkena dampak krisis ekonomi global tersebut. Ini menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia lebih baik dari negara-negara tersebut. Indonesia dapat menjaga stabilitas dan kondisi makro-ekonomi yang relatif baik, meski terus diterpa cobaan, apakah itu dalam bentuk bencana alam maupun krisis moneter global utamanya pada tahun 2008.
  2. Indonesia terus mencetak pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi. Pada periode tahun 2009-2013, secara rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 5,9 persen. Meskipun di semester pertama tahun 2014 ini, ekonomi Indonesia mengalami perlambatan menjadi sekitar 5,2 persen namun antara negara-negara G-20, Indonesia  tetap menempati posisi pertumbuhan tertinggi setelah Cina.
  3. Utang negara juga telah berada dalam situasi yang jauh lebih aman. Pada puncak krisis moneter tahun 1998, rasio utang Indonesia terhadap PDB adalah 85 persen, yang artinya utang Indonesia hampir sama besarnya dengan penghasilan bangsa. Dengan susah payah, akhirnya Indonesia berhasil menurunkan rasio utang terhadap PDB kita menjadi sekitar 23 persen. Indonesia juga telah melunasi utang kepada IMF dan melakukannya 4 tahun lebih awal dari jadwal yang telah disepakati.
  4. Indonesia telah menjadi anggota G-20. Ini menandakan bahwa posisi Indonesia dalam peta ekonomi dunia sudah jauh berubah.  G-20 di abad ke-21 telah menjadi forum utama untuk melakukan kerja sama ekonomi internasional.  Dalam forum itu, kini Indonesia  berdiri sejajar dan duduk setara dengan negara-negara maju dan ekonomi besar lainnya. Indonesia kini, telah menjadi salah satu pemain inti dalam ekonomi internasional dan merupakan bagian dari solusi dunia.
  5. Dalam bidang pembangunan infrastruktur, SBY  mencetuskan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). MP3EI memadukan unsur penting dari pembangunan seperti pengembangan ekonomi, peningkatan sumber daya manusia, dan teknologi. MP3EI merupakan konsep pembangunan yang patut diteruskan karena menempatkan masing-masing daerah sesuai dengan kemampuan masing-masing.
  6. Dalam bidang pendidikan, SBY mengeluarkan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang merupakan pelayanan negara kepada generasi penerus bangsa agar mendapatkan layanan pendidikan yang baik. Program BOS ini dapat memperingan beban masyarakat dalam pendidikan sehingga wajib belajar 12 tahun bisa terpenuhi. Selain itu, untuk meningkatkan kesejahteraan guru, sekarang ada tunjangan sertifikasi guru.
  7. Di masa kepemimpinan SBY, kebebasan berpendapat benar-benar dijunjung tinggi. Masyarakat bebas berpendapat, bahkan tidak jarang, kebebasan berpendapat tersebut seringkali merendahkan SBY.
  8. Pemerintahan SBY cukup berhasil dalam penegakan hukum atas kasus-kasus korupsi yang pada pemerintahan sebelumnya belum pernah koruptornya tertangkap apalagi diproses hukum. Melalui lembaga KPK dibuat lebih bergigi. Walaupun sekarang masih banyak mafianya, setidaknya beberapa diantara mereka yang sudah tertangkap dan dipenjara.
  9. Di bidang penerimaan negara, target penerimaan pajak juga mengalami peningkatan yang signifikan. Rekor baru tercipta pada tahun 2014, dimana pada tahun ini target penerimaan pajak berada diatas angka 1000 triliyun.

Itulah beberapa prestasi selama pemerintahan SBY, kita patut berbangga dan berterima kasih atas kinerja SBY. Walaupun disana-sini masih banyak kekurangan, bagi saya pribadi, kita patut memberikan apresiasi terhadap kinerja SBY selama ini. Semoga apa yang baik tersebut bisa dipertahankan, bahkan lebih ditingkatkan di periode pemerintahan selanjutnya. Sekali lagi, semoga...

#MakasihSBY

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2021 Pradirwan and OddThemes