BREAKING NEWS

Mayar Pajeg Nagara Ajeg


Mayar Pajeg Nagara Ajeg

Pradirwan - Dalam konstitusi negara kita, tujuan perekonomian Indonesia yaitu untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Oleh karenanya, perlu ada upaya dalam mengentaskan kemiskinan, mengurangi jurang antara yang miskin dan yang kaya, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing negara. Salah satu upaya tersebut dapat diwujudkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dengan mewujudkan APBN yang baik akan memudahkan kita mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur tersebut.


Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam sebuah kuliah umum di Bandung beberapa waktu lalu pernah menjelaskan bahwa mengolah APBN sama halnya seperti mengatur belanja pada sebuah rumah tangga.

APBN dibagi menjadi tiga bagian, yaitu penghasilan (pendapatan), belanja, dan biaya. Ketiganya akan saling berkaitan. Belanja akan sama pentingnya dengan mencari penghasilan.

Jika sebuah rumah tangga membelanjakan dengan cara yang strategis, setiap rupiah yang dibelanjakan tidak hanya sekedar habis, ia harus dibelanjakan dengan benar, efektif, efisien, tidak dikorupsi, namun juga harus dirasakan manfaatnya bagi seluruh anggota keluarganya (masyarakat). Dalam lingkup bernegara, belanja negara juga harus berdampak positif bagi perekonomian.

Dalam APBN, yang menjadi tulang punggung penghasilan negara adalah pajak. Sektor perpajakan menyokong lebih dari 80% pendapatan negara. Selain itu, pajak merupakan instrumen negara agar bisa menjadi negara yang berdaulat. Jika ingin menjadi negara yang 'ajeg' (tegak, tidak roboh), kita harus bisa mengumpulkan pajak dengan baik.

Beberapa tahun terakhir, target pajak tidak tercapai. Hal ini bukan hanya menjadi masalah bagi pegawai pajak, tapi menjadi masalah negara, masalah kita semua. Kenapa? Karena jika tidak tercapai maka defisit dalam APBN akan menjadi semakin lebar, dan negara kita memerlukan pembiayaan lebih tinggi.

Jika dana yang terkumpul dari pajak besar, maka dampak terhadap belanja juga akan semakin besar, pelayanan publik juga akan semakin meningkat. Intinya manfaat pajak akan dikembalikan kepada masyarakat. Mayar Pajeg Nagara Ajeg.

#BayarPajakKeren

In frame @mr._m11

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2021 Pradirwan and OddThemes