BREAKING NEWS

ARKE

Poster Pameran Fotografi Antara bertajuk Arke (pradirwan)

Pradirwan - Frase "Arke" pertama kali saya temui di pameran fotografi yang diselenggarakan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Jawa Barat, di Gedung Antara Biro Jabar, Jalan Braga 25 Kota Bandung, Kamis (24/01). Arke Kilas Balik Jabar 2018 menjadi tajuk pameran yang menampilkan 44 foto terbaik karya pewarta foto Antara sepanjang tahun 2018 itu.

baca juga : Ketika Ridwan Kamil Bicara Fotografi

Menurut Kepala Perum LKBN Antara Biro Jawa Barat Zaenal Abidin, Arke berarti "titik mula". Kata ini dipilih karena dianggap merepresentasikan kegiatan yang baru kali pertama diadakan oleh Antara Biro Jawa Barat itu. Arke juga menjadi simbol harapan, pameran foto yang diadakan mulai 24 Januari hingga 24 Februari 2019 itu bisa menjadi titik mula Antara Biro Jabar untuk memberikan sumbangsihnya di bidang jurnalistik bagi Bumi Pasundan.

Mendengar penjelasan itu, saya jadi teringat sebuah dialog dalam film berjudul "We are Marshall". Film ini diangkat dari kisah nyata dan bercerita tentang sebuah tim football di kota Marshall, sebuah kota kecil di West Virginia, Amerika Serikat.

Dalam salah satu adegan, ada seorang ayah yang kebingungan menghadapi bayinya yang menangis. Ia mencari tau apa penyebabnya. Ternyata bayinya membuang air kecil di popoknya. Masalahnya, ia tak pernah sekalipun menggantikan popok anaknya dan biasanya istrinya yang melakukan tugas itu. Karena istrinya sedang tidak dirumah dan anaknya masih tetap menagis, akhirnya ia beranikan diri untuk mencoba mengganti popoknya. Setelah mencoba untuk pertama kali, akhirnya ia berhasil.

Sudah dapat maknanya?

Ya.

"Selalu ada yang pertama untuk segalanya". Hanya kita tak pernah tau kapan saatnya tiba, tugas kita hanya mencoba sampai kita menemukan yang pertama itu.

Demikian pula menulis. Bagaimana memulainya? Tulislah kata pertama, lanjutkan dengan kata dan kalimat selanjutnya. Tuangkan apa yang terlintas di pikiran. Yakinlah, bahwa kita bisa.

Setiap hal, apapun itu, selalu dimulai untuk “pertama kali”. Percaya akan selalu ada hal baik, jika kita mau melihatnya dengan cara yang baik.

Bandung, 29/01/2019

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2021 Pradirwan and OddThemes