Jenis-jenis Auditor

Jenis-jenis Auditor
Pradirwan - Dalam artikel perbedaan akuntansi dan auditing sudah disebutkan bahwa pihak yang bertanggung jawab dalam proses audit adalah auditor.  Kali ini saya share rangkuman catatan saya tentang jenis-jenis Auditor.

Auditor adalah seseorang yang memiliki kualifikasi tertentu dalam melakukan audit atau laporan keuangan dan kegiatan suatu perusahaan atau organisasi.

Auditor dapat dibedakan menjadi tiga jenis, antara lain :

1. Auditor Internal 
Auditor internal adalah auditor yang merupakan pegawai dari suatu entitas (pegawai suatu perusahaan atau organisasi), mereka dipekerjakan oleh sebuah entitas.

2. Auditor Independen 
Auditor independen adalah auditor yang bekerja kepada kantor-kantor akuntan publik. Sesuai dengan namanya, auditor independen harus bersikap independen, tidak boleh dipengaruhi oleh pihak-pihak dari klien.

3. Auditor Pemerintah 
Auditor pemerintah adalah auditor yang bekerja untuk pemerintah, mereka melaksanakan tugas-tugas auditnya untuk membantu lembaga-lembaga atau organisasi-organisasi pemerintah dalam kegiatan operasinya dan kegiatan lain yang diperlukan

Namun, Arens & Loebbecke dalam bukunya Auditing Pendekatan Terpadu yang diadaptasi oleh Amir Abadi Jusuf, menambahkan satu lagi jenis auditor yaitu :

4. Auditor Pajak, Auditor yang bertugas pada Direktoral Jenderal Pajak yang berada dibawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Tugas utamanya adalah menguji kepatuhan Wajib Pajak dan bertanggungjawab atas penerimaan negara dari sektor perpajakan dan penegakan hukum dalam pelaksanaan ketentuan perpajakan. 

Selain itu ada juga yang disebut dengan Auditor Forensik

5. Auditor Forensik yaitu auditor yang mempunyai spesialisasi dalam tindakan kriminal keuangan. Biasanya mereka memeriksa beberapa dokumen yang terkait dengan tindakan kriminal seperti kejahatan perbankan, fraud, money laundry, serta melacak uang yang digunakan untuk mencari tahu dimana uang itu berasal dan dimana uang itu tersimpan. 

Itulah jenis-jenis auditor dan penjelasannya, semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan kritik dan saran untuk membantu penulis agar lebih baik lagi. Terima kasih

No comments