BREAKING NEWS

Resmi dibuka, Kereta Api Jurusan Bandung-Cirebon

https://tiket.kereta-api.co.id/images/content/banner_ciremai.jpg

Dalam rangka ulang tahun PT.Kereta Api Indonesia (PT.KAI) (persero) yang ke-68 tahun, telah diluncurkan "Ciremai Ekspres" yang melayani jurusan Bandung-Cirebon. Manager Humas Daop 3 Cirebon, Eko Budiyanto mengatakan bahwa KA Ciremai Ekspres menyediakan empat rangkaian gerbong. "Terdiri dari tiga gerbong ekonomi AC dengan harga tiket Rp 50.000 dan satu gerbong eksekutif dengan harga Rp 90.000," katanya Minggu (22/9/2013). 


Menurut Eko, semula KA baru itu akan dinamai KA Papandayan Ekspress. Papandayan merupakan salah satu gunung yang berada di wilayah Bandung. Namun agar mengangkat citra dan lebih mengenalkan Kota Cirebon sebagai salah satu tujuan wisata, kota bisnis dan mengenalkan Cirebon yang merupakan pusatnya pulau Jawa, akhirnya dipilihlah nama Ciremai, nama gunung di wilayah Cirebon.

"Kereta api Ciremai Ekspress merupakan hadiah bagi masyarakat Cirebon. Hadiah karena ikut andil dalam perjuangan menegakkan kemerdekaan dan mendukung bangkitnya perkeretaapian di Indonesia," jelasnya.

Eko mengungkapkan, selain mampu menyediakan moda transportasi massal yang nyaman, kereta tersebut juga bakal mengurangi beban jalan Cirebon-Bandung, terutama di jalur Sumedang-Bandung. Apalagi, rute Bandung-Cirebon merupakan rencana lama PT KAI yang sudah dirancang sejak tahun 2009. Perkembangan perekonomian kota Cirebon dan sekitarnya, tentu membutuhkan kemudahan transportasi publik untuk mobilitas masyarakat. "Tujuan kami hanya ingin memudahkan mobilitas masyarakat kota Bandung, Cirebon, dan sekitarnya," paparnya.

Berbagai tanggapan pun bermunculan, Organda Cirebon merasa keberatan atas dibukanya KA baru ini. Operasional kereta tersebut, dinilai bakal "membunuh" dengan telak perusahaan otobus (PO) jurusan Cirebon-Bandung.

Respons sebaliknya datang dari Keraton Kasepuhan. Sultan Sepuh XIV Arief Natadiningrat, menyambut positif. Adanya kereta relasi Cirebon-Bandung, dinilai Arief bakal semakin menghidupkan wisata Cirebon. Terutama wisatawan asal Singapura dan Malaysia yang sering datang ke Bandung.

Kereta Ciremai Ekspres, Buka Peluang Wisata
Bangunan Keraton Kasepuhan yang dibangun oleh Panembahan Pakungwati I tahun 1529 di Cirebon, Jawa Barat, (26/1). Keraton kerajaan Islam ini merupakan perluasan dari Keraton Pakungwati yang dibangun oleh Pangeran Cakrabuana. TEMPO/Prima Mulia sumber : tempo.co 
Kereta ini beroperasi dengan rute Bandung-Cimahi-Cikampek-Haurgeulis-Jatibarang-Cirebon (Pulang-Pergi)

Berikut jadwal KA Ciremai Ekspres

keterangan :
BD Bandung
CMI Cimahi
CKP Cikampek
HGL Haurgeulis
JTB Jatibarang
CN Cirebon

Pemesanan Tiket Online bisa diakses melalui situs https://tiket.kereta-api.co.id/



sumber: http://www.pikiran-rakyat.com; http://www.tempo.co; http://kereta-api.co.id

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2021 Pradirwan and OddThemes