BREAKING NEWS

Pentingnya Peran Humas dalam Perusahaan



Public Relations (atjeh.biz)

Seharian ini tugasku menemui pihak sekolah untuk event yang akan instasiku selenggarakan minggu depan di sebuah sekolah. Bersama seorang rekan yang sudah terbiasa melakoni tugas seperti ini, kami bertemu bagian Humas (hubungan masyarakat) dari sekolah tersebut.


Singkat cerita selesailah tugas itu. Dalam perjalanan kembali ke kantor kami berbincang, membicarakan gaya bicara pegawai humas tersebut. Sungguh saya pribadi tertarik cara mereka berbicara. Mereka mampu membuat suasana yang semula kaku menjadi cair. Kami seperti sudah kenal sangat lama, padahal baru saja bertemu, akrab sekali. Komunikasi kami berjalan sangat lancar dan terjadi saling pengertian.

Begitulah, sekelumit tugas seorang humas. Pekerjaan humas tentu saja tidak terlepas dari prinsip komunikasi, yaitu menciptakan suatu komunikasi yang efektif. Keefektifan suatu komunikasi baru akan tercapai bila timbulnya saling pengertian antara komunikasi dan komunikator, atau bisa dikatakan timbulnya persepsi yang sama tentang memaknai suatu hal.

Humas adalah tulang punggung perusahaan, jika perusahaan itu ingin mendapatkan reputasi yang baik di mata masyarakat, maka perusahaan itu harus mempunyai humas yang bisa meningkatkan citra perusahaan tersebut, karena perusahaan akan mempunyai citra yang baik, jika humasnya pun baik. Demikian pula sebaliknya.


Pertanyaannya sekarang, melihat fungsi kehumasan yang menjadi tulang punggung perusahaan terkait pencitraan perusahaan, apakah fungsi humas di instasi ini sudah memadai?

Pekerjaaan humas bukan sekedar mengumpulkan artikel dan terkesan ‘omong doang’, namun dalam pekerjaannya kita harus melakukan hal-hal penting seperti survey tempat dan melakukan evaluasi tentang apa yang kita lakukan. Jika memang terdapat suatu kesalahanpahaman masyarakat tentang perusahaan tempat dimana humas itu bekerja, maka ia harus bisa mengakali dengan berbagai cara untuk mengembalikan citra perusahaan tersebut.

Dalam menjalankan pekerjaannya, humas sangat erat kaitannya dengan pers. Apalagi humas perusahaan. Humas perusahaan harus bisa mencari penyebab terjadi kesalah pahaman dengan media massa. Apalagi media online dan media sosial yang sudah sangat menjamur beberapa tahun ini.

Media massa yang terkadang hanya ‘asal mencari berita’ biasanya akan menuliskan apapun yang ia ketahui secara sepihak tentang hal yang terjadi pada suatu perusahaan. Kadangkala hanya mencomot dari penggalan cerita di sosial media yang beredar tanpa dilakukan konfirmasi terlebih dahulu. Memang sih itu melanggar kode etik jurnalistik, namun biasanya untuk mendapatkan uang, wartawan menulis berita yang seharusnya tidak di tulis. Nah, peran humas disini menjadi sangat penting, karena dengan adanya humas kita dapat mengklarifikasi berita yang dianggap salah.

Humas perusahaan harus dapat secerdik mungkin dalam menyusun strategi untuk meningkatkan citra dan reputasi perusahaan. Apalagi di zaman yang semakin banyak persaingan dan kecanggihan teknologi sekarang ini. Dunia kehumasan saat ini sudah memasuki era yang disebut era kompetisi, di mana pembentukan, pemeliharan dan pencitraan positif (termasuk reputasi) menjadi sangat krusial (penting). 

Selain fungsi humas dalam membangun citra dan reputasi perusahaan, fungsi humas juga bisa dijadikan sebagai alat marketing perusahaan atau yang dikenal sebagai Marketing Public Relations. Banyak para manajer tidak menyadari bahwa “periklanan” saja tidak akan cukup untuk mencapai segalanya, situasi pemasaran tertentu dapat menetralisir apa yang ingin dicapai melalui “periklanan”. Sementara situasi yang sama sebenarnya dapat ditangani secara efektif dan ekonomis melalui humas.

Layaknya perusahaan besar, instansi ini juga membutuhkan humas yang sangat profesional di bidangnya. Melihat fungsi kehumasan yang sangat penting ini, sudah selayaknya setiap instansi baik kantor pusat, kantor wilayah dan unit kantor lainnya dibekali kehumasan yang memadai. Pelatihan kehumasan diperbanyak dan pembuatan website kantor mungkin sudah selayaknya menjadi sebuah keharusan. Manfaatkan juga media sosial agar dapat berkomunikasi dengan pihak lain lebih cepat, efektif dan efisien, utamanya kepada klien instansi/perusahaan kita. Semoga dengan memperbaiki kehumasan instansi ini, setiap target yang dibebankan dapat dicapai demi pembangunan dan kejayaan negeri.

Demikian, semoga bermanfaat...

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2021 Pradirwan and OddThemes