BREAKING NEWS

Apa yang Kamu Lakukan Saat Work From Home (WFH)?

blog catatan ekstens
Catatan Ekstens 

Work From Home (WFH) sudah berlangsung berminggu-minggu lamanya. Bahkan kini mungkin sudah menjadi kebiasaan baru.

Bagi kamu yang sudah bisa menyesuaikan diri tentu tidaklah menjadi masalah. Namun, bagi kamu yang menemukan hambatan seperti sulit fokus bekerja, tentu ini jadi tantangan tersendiri.

Saya termasuk yang susah fokus. Apalagi kalau sedang menulis. Jika di kantor, saya biasa menulis kalau suasana sudah mulai sepi atau mencari tempat lain yang lebih tenang. Kantin dan bagian belakang ruang kerja saya merupakan tempat yang sering saya gunakan untuk menulis.

Saya sering menulis menggunakan gadget. Lebih praktis rasanya. Saya bisa menulis di mana saja dengan gadget saya ini. Maka, ketika kebijakan WFH itu berlaku, saya merasa beruntung. Apa sebab?

Pertama, saya masih bisa bekerja dan berpenghasilan saat pandemi seperti ini. Banyak di antara teman-teman saya yang harus berjuang, menerobos bahaya virus Corona, demi mencari nafkah atau membantu sesama. 

Kedua, saya terbiasa bekerja tidak terbatas dengan tempat. Beberapa jenis pekerjaan saya memang tidak mengharuskan saya stand by di ruangan tertentu. Bagi kantor, yang penting kerjaan saya selesai tepat pada waktunya.

Ketiga, ada satu hal yang sering 'mengganggu' saat saya bekerja di kantor. Saya selalu ingat rumah. Itulah kenapa saya sering membuat puisi rindu. Hehehe

Keempat, saya tidak perlu 'tua di jalan'. Perjalanan pergi dan pulang kantor itu cukup menyita waktu, tenaga, dan biaya. Apalagi kalau terjebak macet, stres bertambah naik.

WFH ini membuat kinerja saya meningkat. Saya lebih fokus. Saya tidak perlu memikirkan orang rumah, bangun tidur bisa langsung kerja, dan tidak perlu ngejar-ngejar absen karena takut kesiangan atau buru-buru pulang karena portal komplek dikunci.

Bukan berarti saya senang karena adanya wabah ini. Saya hanya ingin berbagi. Dalam situasi sulit seperti ini, kita semua harusnya lebih peka. Apalagi bagi yang bisa WFH. Itu sebuah anugerah, dapet previlage kerja di rumah itu luar biasa nikmatnya. Salah satu wujud syukur kita adalah dengan bekerja sebaik-baiknya.

Sejak WFH, bersama rekan yang lain, saya juga menjadi aktif ngeblog lagi. Kalau kamu, apa yang kamu lakukan saat Work From Home (WFH)?

Share ya...


Bandung, 19 April 2020
Pradirwan

Share this:

2 comments :

  1. WFH bisa lebih produktif, untuk yang belum terbiasa memang perlu penyesuaian.
    Saat WFH saya agak gak bisa nahan ngemil, apalagi istri selalu masak makanan yang enak.. Hehe... Terima kasih Mas Pradirwan tulisannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pak. Makanan rumah memang lebih endol. 😁

      Jadi naik berapa kilo pak? 🤣

      Delete

 
Copyright © 2021 Pradirwan and OddThemes