BREAKING NEWS

7 hal agar blog nyaman dikunjungi

Sebagai seorang yang masih belajar ngeblog, pernah suatu kali saya bertanya, kenapa ya blog saya kok jarang banget dikunjungi?

Memang sih tujuan awal saya ngeblog adalah supaya saya bisa menyalurkan hobi saya yaitu menulis, sekalian belajar, mencari pengetahuan dan tantangan yang baru. Terpikirlah ide membuat blog Pradirwan ini.

Lambat-laun mulailah bosan itu datang, maka saya gonta-ganti template, ganti tampilan, belajar pasang widget, animasi dan lain-lain. Bagi saya itulah sumber saya mencari pengetahuan sekaligus tantangan, apalagi kalau apa yang saya lakukan itu berhasil. Dan kali ini tantangannya adalah membuat pengunjung betah berlama-lama di blog saya. Bagaimana caranya agar blog saya nyaman?

Lantas saya coba mencari tau lewat google. Variasi jawaban yang saya dapatkan dari berbagai master blog. Berikut ini saya rangkum dalam 7 hal agar blog nyaman dikunjungi:

1. Loading cepat

Salah satu ciri blog yang bagus dan akan sering dikunjungi adalah blog yang loadingnya cepat. Bagaimana caranya mengecek kecepatan loading? Salah satu penyedia jasanya adalah Google developer, yang merupakan tool Google. Menurut Google Speed Checker, blog Pradirwan hasilnya 70/100 bila digunakan menggunakan seluler dan 88/100 bila menggunakan dekstop. Hebatnya lagi diberi saran-saran lagi untuk meningkatkan kecepatannya.

Hasil pengecekkan kecepatan loading blog Pradirwan di Google Developer

2. Tampilan yang sederhana, tak terlalu banyak widget, animasi, apalagi musik.

Alasan yang paling utama adalah terlalu banyak pernak-pernik animasi apalagi di tambah backsound musik adalah jelas-jelas bikin blog tambah berat, dan bagi pengunjung itu menambah kuota pulsa internetnya. Coba deh hilangin itu, bikin tampilan sesederhana mungkin, jangan gunakan animasi yang berlebihan, dan please deh jangan gunakan musik, dijamin blog jadi makin ringan hingga jalannya bisa secepat jalan tol Palimanan-Kanci pas diluar musim mudik dan balik hari raya Idul Fitri.

Buat sebagian besar pembaca, ada juga yang rada risih ketika harus membaca sebuah blog ketika ada animasi salju turun, atau burung-burung yang beterbangan sana sini. Katanya sih cepat membuat mata capek. Jadi pertimbangkan lagi ya jika ingin menghias blog dengan animasi-animasi ga penting tersebut.

3. Artikel yang bermanfaat.

Terkadang kita lupa untuk membuat konten yang bermanfaat. Saking hobi nulis, kadang kita tuliskan apa saja yang sebenarnya itu ga ada manfaatnya. Jangan juga membuat isi judul dan artikelnya ga nyambung. Ini bisa bikin pembaca patah hati, lalu pergi karena merasa ditipu sama judul. Usahakan juga membuat related post agar pengunjung dimanjakan oleh blog kita karena isinya saling berkaitan.

4. Navigasi blog yang mudah

Apa yang dimaksud dengan navigasi blog? Navigasi dalam blog, misalnya adanya arsip blog, postingan terkini, atau postingan terpopuler di sidebar dengan jelas. Juga ada menubar seperti About me, kategori, dan lain sebaginya yang dengan gampang di klik dan ditemukan. Juga adanya kotak search, untuk membantu para pembaca menemukan postingan yang diinginkan dengan memasukkan kata kunci.

5. Background terang

Katanya juga nih ya, blog dengan background yang terang tentu saja lebih bersahabat bagi mata pembaca. Ibarat kita membaca buku, buku yang kualitas kertasnya bagus biasanya kertasnya putih bersih. Harganya pun cenderung lebih mahal dari yang kertasnya agak buram misalnya. Coba cek deh di toko buku terdekat.

Dengan menggunakan background terang, pembaca tak mesti memicing-micingkan mata, seperti ketika membaca blog dengan background hitam, misalnya.

6. Font yang cukup jelas

Silakan dicek di blog masing-masing. Apakah font yang dipakai sudah cukup jelas? Berwarna kontras dengan backgorund, berukuran tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, serta bentuk huruf yang standard dan ga keriting-keriting lebay gitu.

7. Kemudahan komentar

Pengen kasih komentar saja sudah dipersulit, susah menemukan kotak komentar misalnya, wah-wah-wah, alamat sudah bisa dipastikan bakalan ga kan ada yang komen tuh di blognya. Komentar bisa menambah back link lho dan bisa membuat blog kita makin eksis, ibarat promosi terselubung. Jadi pastikan, kotak komen langsung terlihat ketika sebuah postingan ditampilkan.

Permudah juga dengan men-setting tidak menggunakan chaptcha (moderasi komen), karena khususnya bagi pembaca yang menggunakan HP dan akan komen, jadi males karena harus lihat chaptcha, apalagi kalau captcha-nya ga jelas. Memang sih beresiko akan banyak komen-komen spam nantinya. Kalaupun muncul ya tinggal di delete aja.

Nah, itu tadi 7 hal agar blog nyaman dikunjungi. Sudahkah blog anda sesuai dengan ke 7 hal tersebut?

Share this:

2 comments :

  1. Setuju bang... Aku juga pernah ngalami gonta-ganti template. Bahkan sampe myoba template AMP. Akhire yo malah jarang update.

    ReplyDelete

 
Copyright © 2021 Pradirwan and OddThemes