BREAKING NEWS

Rekomendasi 5 Situs Terbaik untuk Memperpendek URL

5 situs shortener url terbaik
5 shortener URL terbaik versi Pradirwan 

Pradirwan - Pernahkah Anda mengalami masalah ketika membagikan sebuah tautan (link) URL namun terpaksa harus dipotong karena keterbatasan karakter?

Ya, beberapa platform media sosial seperti twitter mempunyai keterbatasan karakter. Hal ini membuat pengguna harus bersusah payah menyesuaikan jika ingin membagikan link URL yang cukup panjang.

URL yang panjang juga bisa menyulitkan kita untuk mengingat lokasi file atau postingan itu berada, atau dapat mengurangi estetika postingan kita.

Dengan menggunakan link pendek, membuat link lebih jelas dan enak dibaca. Hal ini juga dapat menunjukkan bahwa pemilik situs merupakan profesional sehingga meningkatkan tingkat kepercayaan orang-orang untuk mengklik URL tersebut.

baca juga : Strategi Visual Marketing Online

Sebelum membahas lebih jauh tentang Rekomendasi 5 Situs Terbaik untuk Memperpendek Tautan URL, ada baiknya kita ketahui dulu, apa yang dimaksud dengan URL?

Beberapa pengertian URL saya kutip sebagai berikut:

1. Wikipedia

Lokator Sumber Seragam (LSS), yang juga dikenal dengan Uniform Resource Locator (URL), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

2. Sora N. Sora

URL mempunyai arti karakter yang disusun berdasarkan format tertentu yang mempunyai kegunaan untuk menggambarkan suatu alamat sumber dokumen misalnya file gambar, teks yang ada di internet.

3. Prayogi Prayogi

URL merupakan rangkaian karakter yang dibuat berdasarkan aturan tertentu dengan mengikuti standar yang digunakan sebagai penunjuk alamat direktori dokumen yang terdapat pada halaman web di jaringan internet.


Dari ketiga definisi URL tersebut, bisa kita simpulkan URL adalah rangkaian karakter tertentu (huruf, angka, simbol) yang menuju ke alamat di world wide web (www). Penggunaan URL sama seperti saat kita ingin membuka sebuah file di komputer.

URL mempunyai beberapa fungsi yaitu:
  1. untuk mengidentifikasi suatu dokumen yang terdapat di dalam sebuah web
  2. memberikan nama suatu alamat web
  3. mempermudah pengguna untuk mengingat alamat web yang pernah mereka akses
  4. Karakter URL dapat berfungsi untuk mengidentifikasi suatu file baik berupa gambar, teks, atau dokumen dalam berbagai bentuk yang diinginkan
  5. URL juga bisa berfungsi untuk merekam historis (performa) suatu link, berapa banyak yang meng-klik, lokasi pengguna, umur pengguna dan lain sebagainya.
  6. Sebagai alamat web untuk mengunduh video, gambar, halaman hypertext, dan yang lainnya.

Setelah mengetahui berbagai definisi dan fungsi URL, berikut rekomendasi 5 situs terbaik untuk memperpendek URL (shortener URL). Sebenarnya ada banyak situs yang menyediakan fitur shortener URL ini, namun saya rekomendasikan 5 situs tersebut, di antaranya:

1. Bitly

tampilan landing page bitly.com
Tampilan Bitly.com

Bitly adalah situs memperpendek URL yang paling populer saat ini. Bitly banyak digemari karena untuk menggunakannya, pengguna tidak disyaratkan untuk membuat akun Bitly terlebih dahulu.

Selain itu, pengguna bisa memperpendek URL sebanyak yang mereka mau.

Meskipun tidak memerlukan membuat akun Bitly terlebih dahulu, untuk mempermudah analisis dan monitor data, sebaiknya pengguna membuat akun gratis Bitly. Sebab dengan menggunakan akun Bitly pengguna akan mendapat beberapa fitur yang menunjang bisnis online seperti kustomisasi URL.

Setiap link yang didapatkan dari Bitly dilindungi enkripsi HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure, protokol komunikasi internet yang melindungi integritas dan kerahasiaan data pengguna antara komputer pengguna dan situs) sehingga pengguna tak perlu cemas link-nya disusupi virus atau ada yang mencoba mengubah tujuan link tersebut.

2. TinyURL

tampilan tinyurl.com
tampilan Tinyurl.com

TinyURL disebut-sebut sebagai situs pelopor untuk urusan memperpendek URL ini. Konon, situs TinyURL ini sudah ada sejak tahun 2002 dan masih berfungsi hingga sekarang.

Meskipun tidak menawarkan banyak fitur seperti situs shortener URL lainnya, TinyURL masih menjadi salah satu situs favorit untuk memperpendek URL. Ini karena setiap link yang didapatkan dari situs TinyURL tidak pernah ada masa kadaluarsanya. Dengan kata lain, setiap link yang dihasilkan TinyURL akan tersedia selamanya, sehingga pengguna tidak perlu takut akan adanya broken link.

Selain itu, pengguna tidak perlu membuat akun terlebih dulu untuk menggunakannya. Kemudahan lainnya, pengguna bisa memperpendek link melalui toolbar. Cukup tarik dan taruh link yang ada di website TinyURL ke toolbar browser pengguna, maka link pendek sudah bisa digunakan.

3. Tiny.cc
tampilan Tiny.cc
Tampilan Tiny.cc

Tiny.cc menjadi rekomendasi situs shortener URL berikutnya. Untuk mendapatkan link pendek, pengguna tidak perlu membayar alias gratis. Namun, jika ingin mendapat kustomisasi URL dari Tiny.cc, pengguna harus membayar senilai tertentu per bulannya.

Meskipun berbayar untuk mendapatkan URL terkustomisasi, pengguna juga mendapat benefit lainnya yaitu bisa melacak performa link yang diperpendek, mulai dari melihat Click Through Rate (CTR), hingga mengetahui lokasi dan browser yang digunakan orang yang meng-klik tautan tersebut.

4. BL.INK
tampilan bl.ink
tampilan bl.ink

BL.INK merupakan situs shortener URL yang mempunyai fitur lengkap dengan tampilan dashboard ramah pengguna. Dengan BL.INK, pengguna bisa membuat link customize dan melacak lokasi orang yang meng-klik, perangkat yang digunakan, hingga bahasa sehari-hari sekali pun. 

Keunggulan lainnya, versi gratis BL.INK menawarkan hampir semua fitur berbayarnya, namun terbatas hanya kepada satu pengguna dan 1000 klik per link saja.

Satu lagi fitur unggulan BL.INK bernama Smart Link. Fitur ini memungkinkan membuat link berdasarkan kata kunci populer sehingga bisa membuat trafik website lebih maksimal.

5. QR.net
QR.net pembuat qr code
Tampilan QR.net

Satu lagi shortener URL yang kaya akan fitur. QR.net menawarkan fitur membuat beberapa shortener URL sekaligus, memberikan password, mengatur masa berlakunya (bisa 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, 1 tahun, atau unlimitted), dan yang paling unggul di antara shortener URL lainnya adalah bisa langsung dibuatkan QR code yang bisa diunduh secara gratis.

Itulah daftar 5 situs yang saya rekomendasikan untuk memendekkan URL yang panjang. Semua situs tersebut memiliki sisi plus-minusnya masing-masing.

Jika pembaca punya rekomendasi lebih baik tentang shortener URL selain yang saya sebutkan di atas, jangan ragu untuk meninggalkannya di komentar ya!

Semoga bermanfaat.

Sumber: niagahoster, dewaweb, wikipedia

Share this:

1 comment :

 
Copyright © 2021 Pradirwan and OddThemes